Kisah Panjang Kota Suci Yerusalem


Yerusalem, kota suci bagi 3 agama dengan jumlah penganut terbesar di dunia. Kota yang saat ini diperebutkan statusnya kepemilikannya oleh beberapa negara hingga menimbulkan konflik berkepanjangan antar negara yang memperebutkannya, ternyata jauh sebelum sekarang telah mengalami banyak peperangan dan pergantian kekeuasaan. Baik mereka yang beragama Islam, Kristen, maupun Yahudi.

2500 SM : Bangsa Kanaan datang dari tenggara, menamakannya Yerusalem seperti nama Dewa bangsa Kana’an.

2000 SM : Bangsa Amorit memasuki dari tenggara, disusul bangsa Fenisia dari utara.

1200 SM : Bangsa Filistina menempati selatan kawasan ini dan Bani Isreael yang keluar dari Mesir bersama Nabi Musa dan Nabi Harun datang dan menempati bagian timur Laut Mati mendesak kedudukan bangsa Kanaan.

xx SM : Nabi Daud menaklukkan kota Yerusalem

1025 SM-586 SM : masa kekuasaan Raja-raja Bangsa Israel

1010 SM : Bangsa Filistina mengalahkan Raja Saul dan mengambil Tabut Perjanjian.

722 SM-586 SM: Kerajaan Asuriah dan Babilonia menguasai Yerusalem mengalahkan Israel dan Yudea. Raja Nebuchadnezzar II (605 SM-562 SM) menawan bangsa Yahudi ke Babilonia.

587 SM: Pengasingan bangsa Yahudi ke Babilonia

539 SM-331 SM : Kerajaan Persia di bawah Cyrus mengalahkan Babilonia dan Cheldania (Irak) dan menduduki Yerusalem, pada masanya orang-orang Yahudi yang ditawan diijinkan kembali ke Yerusalem.

332 SM : Kerajaan Makedonia di bawah Raja Aleksander (Iskandar) Yang Agung menduduki Yerusalem setelah mengalahkan Persia.

166 SM-37 SM : Yahudi Makkabe mendirikan kerajaan di Yerusalem.

6 SM: Kelahiran Yesus atau Nabi Isa.

33 : Kematian dan Kebangkitan Yesus Kristus

70: Ditaklukkan oleh Tentara Romawi di bawah Raja Titus. Penghancuran secara habis-habisan. Dari Bait Allah hanya tembok barat, Tembok Ratapan yang masih ada.

117-138 : Uryanus (Romawi) membasmi pemberontakan orang-orang Yahudi, hanya beberapa orang yang sempat melarikan diri. Semua bangunan hancur.

313 : Dibawah kekuasaan Bizantium yang memberikan kebebasan beragama bagi umat Kristen, sampai Raja Julian yang menentang agama Kristen. Pada masa kekuasaan Konstantin, Ratu Helina ibu suri berziarah ke Yerusalem dan mendirikan Gereja Makam Isa Almasih.

614 : Masa Bizantium diperintah Heraclius (614-641), Yerusalem ditaklukkan oleh Tentara Persia. Penghancuran secara habis-habisan.

627 : Heraklius merebut kembali Yerusalem dari Persia.

636 : Khalifah Umar bin Khattab memasuki Yerusalem.

637: Ditaklukkan oleh Tentara Arab.

1099: Ditaklukkan oleh Tentara Perang Salib. Penghancuran secara habis-habisan.

1190: Shalahuddin Al-Ayyubi mengambil alih Yerusalem dari Tentara Perang Salib dan menghapus larangan orang Yahudi tinggal di sana.

1244: Ditaklukkan oleh bangsa Tatar Kharezmia.

1247: Ditaklukkan oleh Mesir.

1517 – 1917: Bagian dari daerah jajahan Kerajaan Turki Usmani.

1917 – 1948: Bagian dari daerah mandat Britania Raya, Palestina.

1948: Kota dibagi dua, bagian barat direbut Israel, bagian timur dikuasai Yordania.

1950: Israel mengakui Yerusalem sebagai ibukota mereka, walaupun tidak diakui dunia internasional (sumber)

1967: Setelah Perang Enam Hari, bagian barat dan timur Yerusalem seluruhnya dikuasai oleh Israel.

2000: Muncul aksi Intifada II setelah Perdana Menteri Israel berkunjung ke Tembok Ratapan.

sumber : wikipedia.org

About these ads
Categories: My Life | Tags: , , , , | 39 Komentar

Post navigation

39 thoughts on “Kisah Panjang Kota Suci Yerusalem

  1. Salam Kenal..
    Hehehe.. “korban” berikutnya “yang nyasar” masuk kesini..
    Tapi kisah Kota Yerusalem-nya bagus..
    btw, selamat tahun baru isalam 1430 H dan selamat tahun baru 2009..

    Salam,
    OmpuNdaru

  2. Waw…ternyata emank penuh konflik Yerusalem itu
    kira2 ampe kapan ya?

  3. akbarindonesia

    utk yeni :
    iy,q juga baru tau setelah dapet dari mas wiki…

    utk ompundaru :
    syaratnya jadi korban itu ga boleh cuma mampir sekali mas…
    hehehe…
    salam kenal juga…

  4. Hmm, nunggu Daulah Khilafah muncul lagi kali ya?
    Baru bisa peace :)
    Trus kiamat….. :D

  5. madna

    Comment lagi ……

    “1517 – 1917: Bagian dari daerah jajahan Kerajaan Turki Usmani.”

    Kayaknya mind setnya perlu diubah. Emang Palestina dijajah ya waktu Turki Utsmani. Berati Inggris membebaskannya dari penjajahan Turki Utsmaninya. Ato kebalikannya.

    Tanya kenapa?

    Dan setahuku ….. bukannya tahun masehi dimulai dari penyaliban Yesus ya. Kan tanggal 1 bulan 1 tahun 1 jatuh pas hari Jum’at. Hari penyaliban Yesus. Tapi gak tahu lagi sih ….. berhgantung wiki mau pake kalender tahun yang mana ….. Gregorian ato Justinian.

  6. Yup, daerah dengan 3 agama di situ. Btw,tambahan lagi Bar biar lengkap.. Januari 2008 : (isi sendiri )
    :D

  7. liz

    ceritanya rumit tpi smoga yerusalem tetep membawa nilai keagamaan..buat dunia

  8. DUDI

    andaikan Khalifah Islam berdiri lagi , Insya Alloh dunia kembali aman…

  9. albert

    saya lihat siaran berita di tv , seolah israel itu kacau balau menakutkan dan disuatu hari saya berangkat ketimur tengah dan menyempatkan diri ke Yerusalem ternyata disana saya mengamati keadaan yang bertolak belakang dengan apa yang saya bayangkan sebelumnya ternyata disana sangat tenteram dan damai bahkan jauh lebih damai dan modern dibanding negeri kita Indonesia yang penuh dengan intimidasi dan korupsi serta diskriminasi agama. .Disana saya berdoa meminta kepada yang kuasa agar negara saya suatu kelak dapat bebas dari diskriminasi agar dapat menjadi negara yang maju seperti negara lain.

  10. ihsan

    hebat!!!!!!!!!!!!!!!! tinggal bagaimana mempublikasikan artikel ini ke seluruh dunia, supaya semua tau bahwa sudah cukup banyak darah,tulang,daging serta rongsok derita yang tercecer ditanah suci itu,,,dan semoga mereka mau menghentikan perang..

  11. Mukidi

    Yerusalem selalu berkonflik ya? Kenapa coba?
    Kalo ga salah jawabnya ada di Kitab Zakaria, Perjanjian Lama.

  12. tetapi yerusalen itu indah

  13. sigit

    mudah mudahan banyak orang yang membaca dan nantinya bisa mendudukan masalah pada proporsinya dan menjadi bagian dari pemecahan masalah

  14. ryant

    kenapa mbahas Yerusalem mbahas jakarta aja suuuusah amat, mendingmbahas kota kecil yakni kluarga kita ok ok smoga smua orang sadar bahwa nede3rinya Indonesia bangsanya Indonesia
    __________________________________________________
    wah susah kalo gitu mas…
    ntar jadinya kayak orang jepang sebelum restorasi pemerintahan…
    seperti kura2 dalam tempurung, yang ga ngelihat kenyataan dunia…

  15. pipit

    sedikit ralat…musa dan harun tidak diperbolehkan Allah memasuki tanah perjanjian (dalam kitab perjanjian lama)….bangsa israel yang masuk ke tanah kanaan hanya Yosua dan Kaleb..sisanya di hamparkan Allah di padang gurun ..jadi yang masuk ke tanah kanaan adalah keturunannya. hmmm… selengkapnya baca kitab perjanjian lama,,dan ingin mengetahui rencana puncak Allah baca perjanjian baru

  16. pipit

    yerusalem, bangsa israel tidak akan pernah berhenti berperang…Allah menghukum raja Daud bahwa pedang tidak akan pernah lepas dari keturunanmu (kitab perjanjian lama)

  17. Leo Vedi Bekardo

    Apapun terjadi, jgn pernah kotori Kota Suci Jerusalem dgn pertumpahan dar4h.
    Tuhan Yesus,nabi Musa,Mohammad adalah pembawa ajaran Tuhan Allah. JERUSALEM Jaya.
    Sesuatu akan indah pd waktunya. JBU

  18. qta mnunggu dtangnya khilafah….,Imam mahdi N nabi isa a.s yg akan mmberikan kdamaian ntuk umat suatu saat…yerusalem kota suci,distulah para nabi/utusan Allah musa,isa dan Muhammad bserta para sahabatnya..

  19. kota yang bgtu brsie. ddlm kbrshan na dinodain oleh bangsa yg g brmoral shingga pndu2k na yuresalem tnggal drmh na sendiri diusir dr tmpt tnggl na…..
    negara yg g punya negara

  20. herdaRitmelin

    artikelx bagus….pusing juga mikirin yerusalem ddunia..yg pasti kota yerusallem baru akan turun waktu Yesus datang kdua kali….okelah kalo begitu

  21. Saya sedih melihat keadaan dunia ini yg semakin tak menentu,terlebih Yerusalem yg dianggap keramat sebagai kota tersuci namun banyak sekali menyimpan kesedihan karena perebutan untuk saling meduduki Yerusalem, padahal klu bersatu negara2 yg lain dan tdk saling memperebutkan pasti alangkah bahagianya dan damainya serta kesemarakan antara pertemuan baik negara2 maupun orang2 akan lebih harmonis…..semoga persatuan diantara bangsa2 yg bertikai mau kembali bersatu dan menjadikan Yerusalem adalah Yerusalem milik bersama………Tuhan berkatilah Yerusalem sekarang dan selama-lamanya…Amin.

  22. ori

    cyerusalem merupakan milik bangsa pilihan Kristus,itu merupakan bangsa yang terbaik bagi YESUS…
    jadi yerusalem adalah milik agama kristen…
    __________________________________________________
    yerusalem kota suci untuk 3 agama…
    kota ini milik bersama dan harus dijaga bersama…
    bukan untuk diperebutkan dan dipertentangkan…

  23. asido s'juntak

    Banyak kekayaan dunia tersimpan didalam negeri Yerusalem, dan Yesus Kristus telah menangisi Kota Daud tersebut. Sebab ramalan Al-Kitab akan kehancuran Yerusalem Sejarah telah digenapi, tapi Kristus Yesus telah menjanjikan Yerusalem Baru dari Surga akan tiba bagi orang-orang yang beriman kepada-Nya. jadi, sabar menunggu ya…!! Jbu.

  24. kalau ketiga agama tidak mau rukun …ya konflik terus….

  25. Israel itu penipu sejarah. Ungkapan tua-tua mereka : “Kalau berbohong, berbohonglah terus sampai pada generasi tertentu kebohonganmu itu, akan dinyatakan benar secara publik.”

  26. arif bin ayyubi

    secara jelas sudah ada gambaran .,,,.memang ketiganya mempunyai hak,.,..,tapi kita bisa melihat siapa yang di tindas dan menindas,.,.,..,itulah yang menggambarkan kebenaran oleh pemiliknya.,,.,..,saya kira semua fihak pasti tidk setuju kalau di tindas,.,.,.tapi bagaimana kalu ia yang menindas.,,.apakah ia akan mempertanyakan untuk apa semua itu .,,.,.,.atau hanya menghalalkannya tanpa menghiraukan klw perbuatan itu di larang oleh agamanya,.,.,.wassalam,.,.,.
    __________________________________________________
    saya setuju…
    penindasan bukan sebuah cara untuk mengakhiri pertikaian…
    justru merupakan awal dari pertikaian…

  27. Yerusalem artinya kota damai. Yerusalem seperti gadis cantik yang menarik mata banyak laki-laki, dan memperebutkannya. Tapi Yerusalem menjadi tempat tengkorak, aliran darah dan air mata karena memperebutkan gadis tersebut dengan hawa nafsu duniawi. Kita lupa Yerusalem adalah kota suci. Hanya yg berwatak dan pikiran suci saja yang layak menikmatinya. Ayo ke Yerusalem….ayo berziarah.

  28. jayjaymich

    this article is great. but we must think twice before we could judge anything in this world.we are human and we only have the rights to live our life in the way the God please it. cause if we judge each other, one day the Lord will judge us too.

  29. Junior's

    Keputusan bukan ditangan manusia ttpi di tangan ALLAH, tanah kanaan bukan diambil atau dirampas begitu saja ttpi merupakan pemberian yg Maha Suci yakni ALLAH yg Maha Kudus menjadi tanah perjanjian bagi bangsa ISRAEL. jadi jnganlah mencela bangsa ini sebab bangsa ISRAEL adalah bangsa pilihan ALLAH, dan sampai kapanpun hal ini takan pernah tergantikan.
    IMANUEL (ALLAH BESERTA KITA)

  30. kenapa diperebutkan….karena ketika bangsa israel menguasai yerusalem dan membangun BAIT ALLAH yg ke-3 maka kita lihat kesudahan segala sesuatu sudah dekat…sebab itu percaya kepadaNYA dan janjiNYA sebab yang akan datang itu isa atau YESUS maka beribadahlah kepadaNYA

  31. alex

    hei man…
    tulisan anda kurang lengkap,
    berbicara mengenai Yerusalem anda akan melihat Kebesara Tuhan dan melihat kemunafikan manusia.
    sangat disayangkan ,

    tanya saja sama pelaku pelaku sejarahnya (kalo bisa)
    yang benar yang mana yaaaa
    ______________________________________________________________________________
    mungkin kang alex bisa sedikit share informasi kepada teman2?

  32. sy sbgai pecinta sejarah dunia,,prihatin jg bingung akan status kepemilikan nya,pdhal ya…adakan semacam konferensi yg di hadiri wakil dr negara sluruh dunia,ada kan jajak pendapat mengenai kepemilikan kota itu.
    ______________________________________________________________________________
    saya kurang setuju dengan jejak pendapat,
    jejak pendapat bukan untuk memberikan hasil yang benar hanya memberikan hasil yang paling banyak didukung,
    saya lebih setuju jika yerussalem dirawat dan dijaga bersama,
    karena merupakan kota suci bagi 3 agama besar dunia.

  33. Israellll Biadabbbbbbbbbb

  34. orion

    yerusalem adalah kota suci bagi 3 agama, kita wajib menjaganya sebagai umat beragama. sekarang banyak orang / pihak yang menganggap israel adalah otak dari konflik di timur tengah, semua itu salah. stiap orang pasti menginginkan kedamaian, begitu juga orang israel. hanya saja para pemimpin mereka yang mempunyai pikiran picik untuk menguasai dunia dengan cara mengadu domba negara lainnya, seperti sekarang ini terjadi konflik antara iran dan amerika.
    itu semua terjadi karena para petinggi israel yang selalu vokal dalam mengadu domba 2 kekuatan besar di dunia.
    ______________________________________________________________________________
    saya setuju,
    setuju banget

  35. heru nantaria

    Sebaiknya memang Yerusalem dijadikan kota dunia ( internasional ), biar para pemeluk tiga agama bebas dan leluasa berziarah kesana.
    ______________________________________________________________________________
    saya stuju dengan anda…

  36. Jhon Cristian

    Siapa yang menguasai yerusalem akan menguasai dunia, Yerusalem sebaiknya dijadikn kota International tanpa negara atau pihak manapun yang menguasainya, mari kita rebut yerusalem dari tangan negara israel untuk di jadikan kota internasional dibawah komando PBB
    ______________________________________________________________________________
    kalo merebut berarti berperang dong, sama aja memicu perang…

  37. Jak

    Seandainya Tuhan bisa menangis, maka sudah berapa banyak air mata Tuhan sudah tercurah keluar karena konflik kepentingan berkepanjangan memperebutkan kota ini. Yang pasti Tuhan pasti menghendaki semua orang hidup damai di kota ini. karena itu jadikanlah kota ini sebagai kota damai yang boleh dihuni oleh orang dari agama apapun, khususnya Yahudi, Kristen dan islam. Bukankah agama apapun mengajarkan umatnya untuk hidup damai ?

  38. Apa pun komen yang kalian berikan…yang pastinya Tuhan, Allah kita yang benar dan hidup sudah mengetahuinya dan membacanya, Allah sahaja yang maha mengetahui apa yang sudah berlaku dan yang akan berlaku, kita sebagai umat ciptaan-Nya harus mempersiapkan diri sebelum menjelang akhir zaman(kiamat) datang..usahlah menimbunkan dosa dengan bertelagah dengan perkara-perkara yang sudah berlaku..yang penting semua kita harus hidup dalam kasih Tuhan, Allah kita yang MAHASUCI, MAHA AGUNG DAN MAHAKUASA DAN MAHA MENGASIHI kita semua..suci dan kuduskanlah hati, pemikiran, kata-kata serta perbuatan kita yang berdosa di mata Tuhan, Allah kita..biarlah dunia ini dipenuhi KASIH dan KEMULIAAN Tuhan Allah yang memilki segala-galanya. Amen.

  39. kirun

    jelek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: