Dunia di Masa Depan


Banyak orang yang mempertanyakan tentang apa yang akan terjadi pada mereka kelak di masa mendatang, sampai-sampai mereka mempertanyakan kepada sesuatu hal yang tidak pasti dengan menggunakan ramalan. Siapa yang mengetahui tentang nasib seseorang di masa mendatang ??? jawabannya adalah tidak ada, kecuali Tuhan Yang Maha Esa.

Tetapi jika kita akan dapat menduga nasib dunia dan bumi kita di masa depan dengan melihat tanda-tanda yang diberikan oleh Tuhan di alam semesta ini. Kita sebagai khalifah di muka bumi ini akan memiliki andil besar akan masa depan dunia, jika kita terlalu serakah dan tidak memikirkan tentang kemungkinan yang akan terjadi kelak maka dunia ini akan menjadi dunia yang tidak bersahabat, begitu juga sebalinya.

Saya pernah menonton film “The Day after Tomorrow”, sebuah film yang mengisahkan tentang ramalan masa depan dunia ketika manusia tidak mengindahkan bahaya global warming. Ceritanya keren abis, dari film itu kita dapat mengambil beberapa hikmah bahwa dunia ini pun membutuhkan perawatan seperti halnya diri kita, bahwa semua manusia diciptakan sama baik di negara adidaya maupun di negara “ketiga”(kata yang diambil dari film itu). Film itu meceritakan hal-hal yang kemungkinan akan terjadi di dunia yang sebenarnya apabila dunia mengalami global warming. Es pada Kutub selatan akan mencair yang akan mengakibatkan naiknya permukaan air laut, yang kemudian dapat menenggelamkan negara-negara kepulauan, kemudian belahan dunia utara akan mengalami musim dingin yang ekstrim dan panjang, yang akhirnya akan menimbulkan kelumpuhan aktivitas manusia secara total. Saat ini es di kutub utara telah banyak yang mencair, rata-rata berat badan beruang kutub mengalami penurunan karena kesulitan memperoleh makanan dan mereka mulai memasuki wilayah hunian manusia.

Tak hanya itu, kemungkinan besar di masa depan akan timbul ledakan penduduk di semua negara yang dapat mengakibatkan kekurangan lahan tempat tinggal, sehingga mereka akan menggunakan lahan yang semestinya digunakan sebagai penyeimbang dunia(semisal hutan) yang kemudian dapat berakibat keseimbangan dunia terganggu.

Di lain sisi, kebutuhan manusia akan sulit terpenuhi. Di satu pendapat karena peningkatan jumlah penduduk adalah menggunakan deret ukur sedangkan kebutuhannya meningkat berdasarkan deret hitung. Di lain pihak ada orang menyatakan bahwa sebenarnya kebutuhan di dunia ini sudah mencukupi hanya saja pendistribusian yang salah maka terjadi kesulitan di beberapa pihak, apabila di zaman sekarang saja banyak yang kesuliatan maka apa yang akan terjadi di masa mendatang yang kemungkinan besar bakalan lebih banyak orang yang hanya memikirkan dirinya sendiri.

Itu semua hanya kemungkinan yang bakalan dialami oleh dunia yang kita huni. Terjadi atau tidak itu semua tergantung akan tindakan yang kita ambil untuk dunia ini.

Save Your World !!!!

Iklan

35 thoughts on “Dunia di Masa Depan

  1. Sebenarnya kepedulian akan lingkungan dimulai dari diri kita sendiri dulu. Misal biasakan membuang sampah pada tempatnya dahulu. Saya rasa banyak pesan-pesan bagi manusia untuk berhenti melakukan pengrusakan pada bumi kita. Mungkin Mas Akbar udah pernah lihat film Wall-E, Earth Stood Still. dua film ini kesannya sangat dalam jika kita benar benar memahami dan berhasil mendapatkan pesan tersembunyi yang ingin disampaikan oleh film tersebut.

  2. madna berkata:

    hmmm …..

    kayaknya aku ada yang tidak setuju dengan dirimu. Suatu kalimat yang merusak seluruh tulisanmu.

    “Save Your World !!!”

    Seakan-akan dunia ini diciptakan untuk parsial tiap orang. Dan tiap orang berhak sepenuhnya mengubah dunianya masing-masing sesuai keinginannya. Selain itu kamu gunakan kata “world” (dunia) yang bersifat lebih abstrak. Jika kita berbicara tentang lingkungan kurasa kata “earth” (bumi) kurasa lebih baik. Bendanya nyata ada sehingga feel kita ketika membicarakannya terasa lebih kongkret.

    Nggak essensial sih kalimatnya, karena kita telah tahu pasti tentang apa yang ingin kamu sampaikan dari kalimat itu. Namun secara pribadi aku lebih suka kalimat :

    “Save Our Earth !!!”

    Karena bumi ini diciptakan secara utuh. Diciptakan untuk dimanfaatkan namun disaat yang sama juga untuk dilindungi. Dan itu dilaksanakan sebagai suatu hak dan kewajiban bersama. Sehingga diperlukan kebersamaan visi, pemikiran dan perbuatan untuk menyelamatkan bumi ini. Bukan pemikiran parsial tiap-tiap orang.

  3. menjaga bumi agar tetap sehat sebenernya mudah
    dari hal2 yang sederhana saja
    misalnya jangan buang sampah sembarangan
    bayangin aja kalo seluruh umat di bumi ini punya kesadaran kayak gitu
    umur bumi yang makin tua ini jarang kena penyakit ini itu

    ayo..ayo…
    buang sampah pada tempatnya

  4. wah ga hanya itu mas
    beredar kabar malah kalo di tahun 2012, planet bumi bakal berdekatan dengan planet asing namanya Nibiru
    katanya juga, kehidupan di bumi bakal tamat (tapi bukan kiamat lho)
    nah lo?

  5. Berusaha sebaik mungkin dan tidak mengecewakan orang yang mengharapkan kita mampu, seperti saya yang sudah mengecewakan orang tua :(( :((

    Numpang baca ya kang :))

  6. Luar Biasa..!!!

    masa depan ada pada masa sekarang

    masa sekarang adalah kunci masa depan

    so,

    berusaha sebaik mungkin dlm sikon adalah sebuah pilihan bijak tuk selamatkan & menentukan masa depan.

    (duuhh,,ngomong opoo ikiii,,hehehe)

    ^_^

  7. oRiDo™ berkata:

    masa depan di tentukan oleh masa lalu dan saat ini..
    ayo lakukan sesuatu…
    ayo selamatkan..

  8. novita berkata:

    masa depan yang baik ditentuakan oleh para generasi bangsa yang ber ahlakulkarimah dan pemimpin yang menjalankan hukum syariat islam

  9. muhammad algadri djamalulail berkata:

    ya manusia………………………………….wahai saudara ku anak2 adam!!!!!!!!!!!!bahkan tuhan swt aja udah menegaskan ama kita jangan kita merusak di muka bumi…….ayo selamatkan ahlak dan peradabatan buat anak2 kita

  10. sebenarnya kerusakan (bahasa arab:mafsadat) dunia disebabkan oleh manusia sendiri sebagaimana yang disebutkan dalam surat Ar-Rum ayat 41. Kerusakan tersebut terjadi, menurut ayat tersebut agar kita kembali ke jalan yang diridhoi oleh Allah yakni Islam. Caranya? kita harus kembali kepada Islam secara kaffah dengan menerapkan syariat Islam dalam segala aspek kehidupan (politik, sosial, budaya, pendidikan, ekonomi). Jadi tidak boleh terbatas pada penerapan syariah secara parsial pada individu atau aspk tertentu saja. Kalau syariah diambil secara parsial, maka itu hanya akan mengundang murka Allah sebagaimana yng disebutkan di surah An-Nisa (berkenaan dengan mengambil sebagian, meninggalkan sebagian perintah Allah yang lain).

    Siapkah anda untuk ikut serta memperjuangkan Syariat Islam?

  11. ya dunia ini sudah dekat sama akhir ayo dekatkan terus sama sang kholik biar iman tetep terjaga terus dan jangan sedikitpun melupakannya thanks salam kenal

  12. KutuBacaBuku berkata:

    jadi inget cerita temen klo di tahun 2012 bakal ada badai matahari sehingga kita smeua gak bisa pake listrik …

    gmana rasanya yah? sekarang aja dah bete banget dengan semua kerusakan lingkungan …
    __________________________________________________
    iy bener…
    manusia sekarang bener2 bergantung dengan listrik, terutama aq yang tidak dapat hidup tanpa ditemani laptop…
    ga bisa bayangin kalo besok q tanpa laptop selama berhari-hari…
    😦

  13. moga noga nggak separah ini ya 🙂
    __________________________________________________
    amiiin…
    semoga saja tidak,
    semoga kita masih tergolong orang yang bersyukur…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s