Indonesia Masih Dipercaya Dunia


Dari segala krisis yang dialami Indonesia, negara yang kita cintai ini di mata dunia masih dianggap sebagai sebuah negara yang memiliki andil besar dalam kehidupan internasional. Bahkan dipercaya untuk dijadikan penyelenggara sebuah acara yang tentunya mengundang perhatian publik dunia, yakni sebagai penyelenggara Konferensi Perubahan Iklim Global yang kali ini bertempat di Nusa Dua, Bali, Indonesia.

Acara yang merupakan membahas kelanjutan dari Protokol Kyoto ini dihadiri oleh kepala negara dari seluruh dunia. Sebuah kesempatan yang wajib kita syukuri dan manfaatkan sebaik-baiknya. Dengan dihadiri oleh orang asing dan tak lain merupakan para petinggi dari masing-masing negara asal, kepercayaan dunia tentang Indonesia sebagai salah satu tujuan pariwisata terbaik dunia yang aman dapat kembali timbul. Nantinya diharapkan kepercayaan tidak hanya timbul di bidang kepariwisataan saja, namun juga di bidang lainnya yang kemudian dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia. Sebuah rantai sebab-akibat yang diharapkan menjadi jalan keluar dari permasalahan-permasalahan yang dialami Indonesia kini.

Tetapi sebuah kekurangan yang sering timbul dari bangsa timur, yakni ketika sudah dipercaya mereka justru melakukan tindakan yang berkebalikan dari apa yang seharusnya diperbuat. Sebagai tuan rumah sebuah konferensi yang membahas tentang perubahan iklim yang ektrim dan pencarian solusi bersama, kita seharusnya juga menjadi negara percontohan dan jangan sampai kita sebagai penyelenggara justru rakyatnya tewas diterjang banjir akibat dari penebangan hutan.

Kita sebagai rakyat kecil mungkin tidak bisa ikut campur dalam permasalahan yang seharusnya diselesaikan pemerintah. Namun bukan berarti kita dapat lepas tangan dari permasalahan global ini, karena bagaimana pun juga kita adalah bagian dari masyarakat dunia. Sebaiknya kita mulai dari hal yang kecil yang dapat kita lakukan. Hal terkecil yang mungkin paling mudah dilakukan adalah dengan menanam tanaman di halaman rumah kita, minimal sebuah pohon rindang yang dapat menghasilkan oksigen cukup banyak. Walaupun tidak seberapa daripada yang harus ditanggung bumi ini, namun paling tidak kita sudah berusaha membantu mengurangi beban yang harus ditanggung oleh bumi yang kita tempati ini.

Jika ingin merubah dunia, mulailah dari diri anda………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s