Pasar Ikan Hias di Jalan Irian Barat


Ada sebuah pasar malam di Surabaya yang kebanyakan pedagangnya menjual ikan. Pasarnya memang cocok disebut pasar malam karena bukanya emang malam-malam, tepatnya mulai buka pukul 23.00. Pasar ini berada di Jalan Irian Barat, dekatnya pasar keputran, di sebelah aliran kali brantas. Irian Barat? Pasti muncul konotasi negatif tentang Irian Barat, terutama orang asli Surabaya. Ga salah koq, Irian Barat kini sudah disulap jadi pasar ikan hias yang konon katanya didatangkan langsung dari pemasoknya.

Lebih serunya lagi di pasar malam ini tak hanya menjual ikan hias saja, namun berbagai macam hewan peliharaan. Kemarin waktu saya pergi ke sana, saya melihat pedagang kucing, kelinci, marmut, monyet kecil, tanaman hias, peralatan akuarium. Untuk ikan hias yang dijual tak hanya ikan air tawar saja tetapi ikan air asin juga ada plus terumbu karangnya, ikan air tawarnya pun ada yang untuk akuarium dan ada juga yang untuk kolam.

Pengunjungnya tergolong banyak, padahal waktu itu jam hampir menunjukkan pukul 00.00 pertanda akan terjadi pergantian hari dan jalanan sudah mulai sepi dari kendaraan bermotor. Namun tempat parkir untuk pengunjung pasar ikan ini penuh akan mobil dan sepeda motor, untung saja ada tempat kosong untuk sepeda motorku. Jalan becek bekas hujan sore hari ga bikin pengunjung malas datang, bahkan cewek yang biasanya malas dateng ke tempat yang kotor justru banyak yang terlihat sedang asik berburu ikan hias.

Jangan khawatir masalah harga. Harganya tergolong murah, saya sudah mencoba membandingkan harga dengan beberapa pedagang ikan hias di Surabaya. Karena pedagang menjual dengan harga grosir, ada yang Rp 10.000 tiga kantong, Rp 5.000 3 ekor, Rp 10,000 10 ekor, Rp 5.000 10 ekor. Itu pun terkadang masih bisa ditawar, tinggal pandai-pandai menawar saja.

Jangan lupa, pasar ini hanya buka malam hari tepatnya pada hari sabtu malam dan rabu malam. Jangan sampai salah jadwal, nanti kecewa karena sudah datang malam-malam ternyata tidak ada yang jual.

Update artikel :

Kali ini saya mendapat info dari seorang penjaga parkiran yang biasa bekerja di pasar ikan irian barat ini. Pasar ini hanya dibuka pada hari rabu dan sabtu dengan rincian :

Rabu buka mulai jam 15.30 s.d. jam 02.30 dini hari keesokan harinya.

Sabtu buka mulai jam 15.30 s.d. jam 10 keesokan harinya.

Ada satu info lagi yang ga kalah penting, kalo ingin dapat hewan peliharaan yang murah jangan malas-malas untuk datang di hari minggu pagi. Karena konon kata pak parkir harganya lebih miring ketika sudah menjelang minggu pagi. Mungkin karena para penjualnya dah capek dan dah ingin cepet pulang,hehehe,,,

Iklan

33 thoughts on “Pasar Ikan Hias di Jalan Irian Barat

  1. Rizki Akbar Maulana berkata:

    :):):)
    tanyanya malah yang “itu”
    katanya sih ini program pemkot biar menghilangkan si “itu”
    buktinya gara-gara pasar ini si “itu” mengalah cari tempat pojokan lainnya

  2. oyeee mas jangan bisik2 soal itu tu tu , memang pasar ikan di situ buannyak itu tu tu , tapi saya kenal sama kelompok IWAKA apa itu ikatan waria kan……klo mas ada yang kenal sama yang namanya ikatan itu mari kita satukan untuk di adakan pertandingan voli bal, jangan di remehkan kemarin kita tandingkan dengan jago2 di gersik wah banyak orang terheran -heran dengan smasnya achirnya jago2 gersik dilibas 3- 0 untu IWAKA. klo masalah ikan jelas di jl Irja memang ok, segala jenis ikan termasuk ikan le2 klo butuh bisa hub . 081 330 65 4757 trims

  3. tempatnya buka ga jam 11 .. jam 7-8 dah rame kok …

    kalo beli – beli disana .. ditawar .. kalo ga ditawar rugi diri lo 😉
    kadang harganya bisa lebih mahal drpd harga normal .. tp banyakan murah meriah kok … ular jg kadang2 mahal .. tp tawar aja .. kalo ga bole ya udah … 🙂

    kalo disana dicek dl kondisi hewannya .. kadang2 yg dijual disana yg kwalitas no 2 alias sortiran…

  4. akbarindonesia berkata:

    @ adwin :
    terima kasih infonya,
    sebenarnya menurut info terbaru yang saya terima pasarnya juga buka sejak siang hari, namun saya belum sempat mengecek kebenarannya…
    insyaAllah dalam waktu dekat saya akan memberitakan berita terbarunya…

  5. laura berkata:

    iyah di sana si jenis ikan buanyak..py jenis reptilnya sedikit n harganya selangit…masa harga 1 kura floresteni 1,2 juta?
    gila ga sih?padahal q pengen bgt jenis kura 2…

  6. die17 berkata:

    keren banget di sana q hampir tiap buka k sana. tp yang hrus d ingat qt hrus pndai tawar menawar.
    em brang kali temen2 mau bantu aq, ada yang tau gmn cara ngembang biakkan hamster syria? tolong ksh tau q ya……

  7. Dedy Kusuma . SE berkata:

    Tolong Info penjual arowana silver n irian di irba
    klo bs hubungkan jg dengan bowo yg di irba
    dr q di kaltim . hubungi aq di 085247988822

  8. deded siswadi berkata:

    mas,bisa minta info ikan malas di daerah jawa timur
    bisa juga saya minta no hp sampeyan supaya bisa share
    matursuwun

  9. aku mo beliin ikan buat muridku untuk acara nangkep ikan. wader yang agak gedean dikit yang masih idup dijual ngak ya? disana? tolong infonya cepet! sama harganya sekalian kalo bisa. matur suwuuuun

  10. Ariz Sandy berkata:

    Numpang bos…. Yang bisa kirim ikan hias ke Labuan bajo Flores NTT tolong hubungi 081317160140. Thanks….

  11. Ratna AM. berkata:

    lg butuh pembicara yang berkompeten nie buat seminar ikan hias sehat .. adda yg bisa bantu gag yya ? dibutuhkan segera, klo bisa knfirmasi dalam minggu ini yya ..
    yang berminat tolong konfirmasi via email ..
    hatur nuhun sangat ..^^

  12. AGONG berkata:

    PENGUMUMAN Pasar ikan hias IRIAN BARAT Pindah ke jl Prapen *(sebelom indogrosir) jam jual nya tetap rabu malam sama sabtumalam minggu
    __________________________________________________
    dapet sumber dari mana om ???
    dari sumber yang aku percaya, ga ada perubahan tempat,,,
    itu hanya isu oleh orang tertentu…

  13. david berkata:

    tpi memang waktu saya ke irba sabtu malam tidak ada yang jual ikan kok…
    jadi mungkin memang benar sudah pindah ke jalan prapen.

  14. yan berkata:

    gan benar kah?IRBA pindah ndkj jln prapen..
    tolong minta alamat lengkapnya?
    aku mau beli hamtaro soalnya..thx

  15. syamsul berkata:

    sekarang ada pasar ikan d jl. gunung sari sblum pom bensin hampir sam kayak irba harganya tapi tempatnya uda mulai modern,,

  16. jual cacing sutra ga mas
    ______________________________________________________________________________
    hmmm,,,
    aq belum ketemu tuh…

  17. Sudah pindah ke PRAPEN sayang ku,,,,
    klo gk tau prapen, ketik di google map, ntar ktemu xixixiix
    jaman canggih gitu lho
    ______________________________________________________________________________
    makasih bayak infonya nih,,,,
    ketinggalan jaman nih,, harap maklum :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s