Soto Dhog Terkenal di Jombang


Jombang Kota Beriman, memiliki sebuah ikon kota yang bernama “ringin contong”. Di dekat ringin contong inilah ada tempat makan yang terkenal bagi orang asli Jombang baik yang masih tinggal di sana maupun yang sudah merantau ke kota lain. Tempat makan tersebut hanya menjual soto dhog. Tempat makan yang mengutamakan kesederhanaan, membuat banyak orang yang memiliki kenangan akan tempat ini merasa nyaman.

Tempatnya tidak luas, karena dibuka di teras di depan sebuah rumah. Tersedia dua meja yang di atasnya terdapat beberapa piring yang berisi lauk pauk (perkedel, hati sapi, paru sapi, dll), dan kita dibebaskan untuk memilih sendiri lauknya begitu pula jumlahnya. Salah satu mejanya langsung berhadapan dengan penjual, sedangkan meja yang lain di atasnya diletakkan berbagai macam minuman, diantaranya sinom, minuman bersoda, dll. Untuk tempat duduknya tidak disediakan tempat duduk individu, namun 4 tempat duduk panjang yang masing-masing bisa muat untuk 3 hingga 4 orang.

Makanan yang ditawarkan menurutku tidak cukup untuk memuaskan rasa laparku, namun bagi seorang perempuan menu itu sudah cukup untuk mengisi perut yang sedang keroncongan. Isinya standard menu soto dhog, nasi putih berkuah soto yang berisi daging sapi, ditaburi sedikit tauge pendek, dan terkahir diberi bumbu yang ditaruh di sebuah botol. Biasanya botol tersebut akan digedhog di meja, namun di sini tidak dilakukan, mungkin sang penjual yang telah berusia tak muda lagi sehingga kemampuan menggedhog botol tak seperti dulu ketika masih muda.

Jam buka tempat makan ini dimulai pada pukul 17.00 WIB. Dan ditutup ketika dagangannya telah habis, biasanya habis pada pukul 20.00 WIB namun ketika hujan turun maka baru habis pukul 21.00 WIB. Tidak ada tempat parkir resmi, namun mampu menampung beberapa mobil dan sepeda motor.

Banyak langganan yang datang, bahkan ada keluarga dari Surabaya yang merasa tidak lengkap jika tidak mampir ke sana ketika bepergian ke kota Jombang. Karena selain makanannya yang enak juga harganya yang dari dulu hingga sekarang yang tidak menguras isi dompet dari pembeli.

17 thoughts on “Soto Dhog Terkenal di Jombang

  1. dewapur berkata:

    sebelah mananya RIngin Contong? ga ingat kalo ada yang jual soto dok di situ? atau yang ke arah TMP itu ya?

    buatku sih yang di denanyar itu favorit ….buk miring melbu ae trus …

  2. akbarindonesia berkata:

    sebenarnya q ga tau nama jalan pastinya….

    sebenarnya jalannya agak masuk
    waktu keluar gang,langsung terlihat ringi contong

  3. Nona berkata:

    Oalah… Yang kalo siang bengkel itu ta????
    Kakakku waktu kecil pernah jatuh kecebur cucian piring disitu. Hehehe….

    Tapi tolong diingat, bukan DOK, tapi DHOG.
    Kan refleksi dari Bunyi botol kecap yang dibanting.
    HEhehehe….

    Oia, ikut IMJ ga???
    IKATAN MAHASISWA JOMBANG,
    Coba cari di yahoo groups, pengurus besar IMJ.
    Coba Deh.

  4. akbarindonesia berkata:

    critanya lucu banget……

    q ga tau klo siang jadi bengkel…
    coz q sengaja ke jombang dateng melem biar bisa nikmatin tuh makanan….

    wow….ada IMJ ya…

    untuk judul,
    langsung q ganti sekrang thx…

  5. mas karyo berkata:

    soto dhog ringin contong memang ok……lha aku adoh-2 nek mulih mesti kudu mampir rono…..atau kalo nggak ya ke sego kikilnya mas kasto yang di kidul doplangan sepur wah nyam…nyam pokoke……

  6. wa ngomongin jombang nie…. btw aku yang asli jombang malah g pernah kesitu ya… (wa kuper nie aku…)

    wah ada yang ngomongin IMJ lagi….ngingetin masa lalu aja (ha ha ha ha) gimana kabarnya IMJ.? udah lama aku g terjun ke dunia itu lagi …

  7. hurry berkata:

    Tyus tyang,q yg asli jombank gk nyangka kalo soto dhog yg terkenal ada di ringin conthong.Perasaan yg terkenal ada di pujasera milik pak widji.Soto dhog kan aslinya lamongan n smua penjual soto dhog di jombang ada kaitan sodara,bahkan q knal salah satu dr mereka

  8. hurry berkata:

    Tambah komentar nih.Jedhog-an soto p.widji dulu punya cerita.Kalo pengunjung sepi,botol pasti di-jedhog 1x,klo msh sepi jdhog 2x,kalo dah 3x dijamin bakal ada pengunjung.Tapi itu dulu,sekarang orangnya dah insaf coz konon keluarganya kena musibah gara2 syarat mistiknya gk trpenuhi.

  9. vira berkata:

    aku juga biasa bawa oleh-oleh khas jombang, donat kampung untuk teman2 di surabaya. tiap pulang jombang, dipastikan aku bawakan donat kampung 500-an. lokasinya di perumahan griya indah, dekat PG jombang baru. teman2 bisa coba deh..

  10. anik ari berkata:

    q asli jombang juga loh, tapi kq g tw lw lokasi soto dhog tu di situ, padahal rumahq g jauh dari situ..(punya temen dech yang kuper, he..he..)
    salam.

  11. hahha …

    mantabjo … soto ndog jombang,,, untuk yang di denanyar,,Manteb juga … di kebun rojo katanya ada juga?… pHie sayank.. qw mondok di tambakberas…kLog malam gag boleh keluar…. hiks…😦

    ya!! usul yg bagus,, sLain ke kHasannya es degan durian… jombang juga punya makanan kHas… yaitu… soto ndog,, qw biasa mnyebutnya soto jedokkk ,,,,

  12. ad info makanan baru nihc….
    kpan2 klo k jombang t beli reekkkk….
    ______________________________________________________________________________
    kudu,,,harus,,,wajib,,,
    hahaha,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s