Semifinal Rektor Cup ITS 2008


Terdapat sebuah perhelatan lomba basket yang mempertemukan semua jurusan yang ada di ITS, yang pada tahun ini bertajuk Rektor Cup ITS 2008 atau dikalangan mahasiswa ITS lebih dikenal dengan nama Rektor Cup. Setelah menjalani beberapa pertandingan kualifikasi, beberapa jurusan tersisih dan menyisakan empat tim kandidat juara. Mereka adalah Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Fisika.

Pada hari Jumat tanggal 9 Mei 2008 empat kandidat tersebut saling memperebutkan tiket menuju final. Juara Rektor Cup tahun sebelumnya, Teknik Industri, harus melewati semifinal tanpa satu pun suporter karena hukuman skorsing dan harus berhadapan dengan Teknik Fisika yang pada hari tersebut hadir dengan dukungan penuh dari mahasiswa Teknik Fisika. Pertarungan sengit antara kedua tim hingga mengakibatkan dua pemain dari kedua tim harus keluar pertandingan karena dianggap telah foul out.

Maaf saya tidak sempat mencatat skor selama pertandingan, namun saya akan coba menceritakan proses pertandingannya. Quarter pertama Teknik Fisika tampil dominan dan mereka memimpin. Quarter kedua dan ketiga berjalan lebih menarik, terjadi kejar-mengejar angka dari kedua tim baik dari tembakan dua angka maupun tiga angka, permainan teknik dan taktik mereka tunjukkan namun tak sedikit terjadi pelanggaran yang membuat penonton emosi, ternyata emosi tersebut bukan karena benar-benar marah namun untuk membantu menekan mental tim lawan. Dan akhirnya kedua quarter tersebut berakhir dengan angka yang sama. Pada Quarter tiga poin didominasi dari free throw karena seringnya pelanggaran, dan akhirnya Teknik Industri keluar sebagai finalis dengan skor akhir 39-35.

Pada pertandingan sebelumnya, juara kedua Rektor Cup tahun sebelumnya, Teknik Kimia, harus pulang dengan kepada tertunduk setelah dikalahkan oleh Teknik Informatika. Pada quarter pertama kedua tim tidak ada yang terlihat mencolok dimana Teknik Informatika didominasi oleh pemain-pemain yang berpostur tubuh relatif lebih kecil jika dibandingkan pemain-pemain dari Teknik Kimia, namun mereka mampu menjaga konsentrasi dan mental mereka sehingga mereka dapat merebut quarter pertama dengan jarak skor yang tak jauh.

Pada quarter kedua pemain asal Senegal yang kebetulan kuliah di Teknik Informatika yang juga merupakan andalan tim Teknik Informatika dimainkan oleh sang pelatih, dan taktik tersebut memang berhasil dan membuat pemain Teknik Kimia kalang kabut karena kecepatan, akurasi tembakan, dan postur tubuh yang relatif tinggi yang dimiliki oleh pemain yang akrab dipanggil dengan nama Pap. Dan akhirnya pada quarter ini tim Teknik Informatika memimpin dengan jarak skor yang cukup jauh. Di quarter ketiga, keadaanya tak jauh dengan quarter sebelumnya. Tak hanya permainan kolektif  dan kemampuan individu Pap saja yang membuat tim Teknik Informatika dapat menguasai permainan, namun juga mental pemain Teknik Kimia yang sudah jatuh dan kemudian jarak skor antara kedua tim semakin jauh. Di quarter keempat gaya permainan tim Teknik Informatika sudah dapat terbaca, namun sudah terlambat untuk menyusul dan akhirnya pemainan berakhir dengan menempatkan tim Teknik Informatika sebagai finalis Rektor Cup 2008 dengan skor akhir 39-13.

3 thoughts on “Semifinal Rektor Cup ITS 2008

  1. pokok nya Basket TC harus menang ( eh PASTI – nya )😛

    Go TC Go … Vivat TC … !!!

    ( udah mulai ta upadate juga Bar … )😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s