Lapan : 2012 bukan kiamat namun “hanya” badai matahari


Ketika aku bertemu dengan seorang teman yang baru saja kembali dari sebuah kegiatan PPSDMS di Yogyakarta, layaknya bertemu dengan teman lainnya aku ngobrol-ngobrol dengan dia. Tetapi obrolan yang pertamanya menyenangkan tiba-tiba menjadi agak serius ketika dia bercerita tentang sebuah ramalan berdasarkan kalender suku maya yang mengatakan bahwa akan terjadi kiamat di tahun 2012.

Setelah mendengar cerita itu, sontak aku mulai penasaran akan ramalan itu, walaupun sebenarnya aku tidak suka dengan peramal. Kemudian aku mencoba mencari melalui jendela dunia tanpa batas (internet). Dari beberapa artikel(1,2,3,4) mengambil kesimpulan bahwa, sebenarnya bukan bumi yang mengalami kehancur-leburan, namun peradaban manusia saat ini akan berakhir untuk kemudian membentuk suatu peradaban manusia baru. Sebagaimana Yang Maha Kuasa telah menentukan hal yang sama pada peradaban-peradaban manusia sebelumnya, sebagai contoh peradaban Nabi Nuh as.

Namun diluar ramalan tersebut yang tidak ada dasarnya, sebenarnya beberapa badan penelitian antariksa luar negeri dan Indonesia sudah memprediksi akan terjadi suatu fenomena alam besar yang akan mempengaruhi kehidupan manusia. Dikutip dari situs harian kompas :

“menurut Deputi Bidang Sains Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang S Tedjasukmana, fenomena yang dapat diprakirakan kemunculannya pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasarkan pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di beberapa negara sejak tahun 1960-an dan di Indonesia oleh Lapan sejak tahun 1975.”

Dari situs yang berbeda (detikinet.com), dijelaskan bahwa saat ini di matahari telah terjadi sebuah fenomena alam yang disebut bintik matahari.

“Bintik matahari ini adalah sinyal awal badai matahari yang intensitasnya akan terus meningkat dalam tahun-tahun mendatang,” tandas ilmuwan Douglas Biesecker dari Space Weather Prediction Center (SWPC) di NOAA.

Kemudian dalam halaman situs kompas tadi dijelaskan pula proses terbentuknya badai matahari.

Dijelaskan, Sri Kaloka, Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Antariksa Lapan, badai Matahari terjadi ketika muncul flare dan Coronal Mass Ejection (CME). Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dayanya setara dengan 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Adapun CME merupakan ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel berkecepatan 400 kilometer per detik.

Dalam halaman situs kompas itu juga disebutkan beberapa gangguan yang akan terjadi ketika bumi diterjang badai matahari.

Gangguan cuaca Matahari ini dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga memengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. ”Karena gangguan magnet Bumi, pengguna alat pacu jantung dapat mengalami gangguan yang berarti,” ujar Sri.

Dan juga dalam situs kompas namun dengan artikel yang berbeda juga diberitakan bahwa pada tahun 2003 ketika bumi dihantam badai matahari namun dengan skala kekuatan yang lebih kecil dari yang diprediksikan akan terjadi pada puncaknya pada tahun 2012.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebulan lalu Matahari berada dalam periode aktif, dan menyemburkan partikel-partikel bermuatan atau dikenal sebagai badai Matahari, dengan kekuatan sangat besar. Radiasi dan milyaran ton partikel bermuatan terlontar ke angkasa dengan kecepatan tinggi dan mencapai Bumi, juga Mars, sehingga instrumen Odyssey –yang telah mengorbit Mars selama dua tahun– ikut terkena dampaknya.

Kesimpulannya kembali kepada anda.

sumber :
kompas.com(Badai Matahari Timbulkan Kerusakan pada Mars Odyssey)
kompas.com(Isu Kiamat Tahun 2012 yang Meresahkan)
detikinet.com(Matahari Badai, Telekomunikasi Dunia Lumpuh?)

Iklan

90 thoughts on “Lapan : 2012 bukan kiamat namun “hanya” badai matahari

  1. Weh..weh..
    Kabar lama.. Pas SMA wez booming kbr iki.. Bukan saja ramalan bangsa maya, tp juga pandangan ulama sufi menyatakan tahun 2012 dunia bakal brguncang bak kiamat..

  2. biarlah yang terjadi terjadilah, mengingat dosa manusia yang sudah semakin besar ini, tapi tak merasa, malah semakin berusaha memperbesar dosanya, dengan berbagai kedok, bahkan ada yang dengan mengatasnamakan kebenaran ataupun Tuhan, demi memuaskan nafsu jahat dan bejatnya.

  3. handy berkata:

    Tul, Adi…
    Semakin hari kayanya semakin banyak kejadian seperti itu.
    Ya…. ga koruptor juga ga para pelaku pembunuhan.
    Sudah berbuat salah masih berlagak suci seakan- tidak melakukan kesalahan.

    Semoga dengan perkiraan akan terjadinya badai matahari ini membuka mata kita, betapa besar ciptaan Tuhan.
    Dan manusia sadar akan dosa2 nya, bertobat dan kembali ke jalan yang benar.

    Bayangkan dunia ini kalau semuanya berkeinginan untuk membuat sesama kita gembira..
    Seperti kata Rizki….
    Dunia bakal tentram dan damai,,…
    Termasuk negara kita Indonesia ini…

  4. Rey berkata:

    udah aq duga kk! gk mgkn kiamat d taon 2012,… q dh nylidiki smw blog tntg 2012 n taon 2053,… yg mn yg bnr cb?? msa kiamat 2 kali c???? kak ramaln suku maya jg blg bkn kiamat,. tapi sbuah msibah… ow ya akan ada korban jiwa kah???? lok blog2 yg aq bca lainnx manusia d bumi cm tggal 40% aja??? trz mo tnx agy,…. planet nibiru mau nabrak bumi taon 2053 tuh bnr gk kk??

  5. akbarindonesia berkata:

    utk Rey :
    wah mborong pertanyaan nie???hehehe…
    klo mnurutku. ga ada yang bener, itu semua masih ramalan.
    benar bernilai 100%, sedangkan ramalan masih ada kemungkinan tidak berjalan walau 0,000…1%.
    tapi di luar itu semua yang ingin aq sampaikan dalam tulisan ini adalah betapa lemahnya manusia ketika Tuhan YME sudah berkehendak

  6. @ Rey
    Jangan mudah percaya berita-berita yang simpang siur di internet. Lebih baik masuk ke situsnya NASA kalau mau pembahasan secara ilmiah. 😉

    ow ya akan ada korban jiwa kah???? lok blog2 yg aq bca lainnx manusia d bumi cm tggal 40% ja???

    Wrong.
    Memang akan ada sedikit ketidakstabilan medan magnet saat badai matahari terjadi. Tetapi apabila ditangani secara tepat, maka tidak akan ada korban jiwa.

    Salah satu caranya adalah dengan mematikan pembangkit listrik sebelum badai terjadi. Ini sudah terbukti ampuh di Amerika saat badai matahari berlangsung tahun 2003. 🙂

  7. Arfi berkata:

    bisa aja tinggal 40%, kolu pusat semburannya mengarah tepat ke bumi . . . kira2 anda termasuk yg 40% atau tidak ?
    jawabannya ada hati anda…

  8. Mengapa hrs takut dengan Badai Matahari…….. yang memang sudah Kehendaknya Tuhan…… yang perlu kita kita takut itu kalau kita tidak punya tempat untuk berserah diri atau pasrah bila terjadi Badai Matahar.
    Kita semua didunia ini kan hanya untuk menunggu Inalillahi Waina ilaihi Rojiun.
    Kita ini berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan. Yang perlu kita persiapkan mulai sekarang adalah sudahkah kita ini benar – benar mengenal Tuhan kita tempat untuk Berserah diri atau Pasrah tadi.

  9. natan berkata:

    Benar peradaban manusia akan berubah, dimulai dari 3,5 tahun dari 2009 ini.
    Untuk itu wahai manusia di dunia waktunya sudah, dekat berjaga-jaga lah, dan bersiap-siaplah, karena Kerajaan Allah harus dinyatakan di muka bumi.
    “Bertobatlah sekarang jangan di tunda sebab waktu nya sudah dekat.
    Kita ini sudah ada pada era di Ujung akhir zaman, artinya peradaban akan berubah.

  10. @ Arfi
    Dalam Solar Storm, nggak ada istilah “pusat semburan”. Ini bukan sejenis semburan lumpur hangat™.

    Aliran Solar Storm berbentuk lurus seperti sinyal, bukan menyebar seperti gelombang. Selain itu, meskipun arah Solar Storm mengarah tepat ke bumi, maka yang terjadi (sejauh ini) maksimal hanyalah ketidakstabilan medan magnet bumi. Jadi tidak ada efek langsung dari Solar Storm terhadap ancaman korban jiwa, yang ada hanyalah efek berantai seperti domino. 🙂

    Kalau kurang jelas, silakan baca [post saya] tentang Solar Storm.

  11. beberapa ilmuwan memang berspekulasi seperti itu…
    tp Qt g th apakah hal itu sekedar konspirasi bersama atau memang benar secara ilmiah…
    btw, slain astronom, ekonom jg pny spekulasi sendiri ttg 2012 bhw akan trjadi krisis pangan yg melanda AS…
    tp Q kira hal itu tidak didukung dg bukti2 yg cukup kuat walaupun saat ini AS msh resesi akibat suprime mortage…

    Anyway, hanya Allah yg mengetahui ttg masa depan… jgn dipercaya begitu saja apalagi kl kabarx ttg hari kiamat… seperti halnya yg terjadi pada tahun 1999…

  12. amEr berkata:

    ngeriiii ya………………………

    tapi klo dibilang kiamat kayak’a gx mungkin, sbb cuma allah yang tau……………….

  13. julz berkata:

    mank pernah ad ya badai matahari????
    taon kpan aj tuh???????????
    koq klo dah pernah manusia gk musnah????

  14. akbarindonesia berkata:

    @ DIric :
    ini kan buat peringatan supaya kita berhati-hati…
    kalo ga terjadi ataupun tidak sampek berakibat yang buruk kepada kita kan sebuah keberuntungan…

  15. Buat apa mikir kiamat tahun 2012?
    Kiamat selalu menanti kita,
    Siapa yang yakin, kalau satu detik lagi kita masih hidup?

    Gunakan waktu sebijaksana mungkin,
    hehe,

  16. cekikiki,, masa bodoh dengan hal yang begituan…. yang bilang kiamat pada tahun 2012 ntu atheiiisssss,… alias orang yang menyianyiakan kehidupannya,…

  17. akbarindonesia berkata:

    @ adip :
    semoga saja tidak…toh manusia juga tidak akan tahu kapan kiamat akan terjadi…
    walaupun didukung sama kecanggihan teknologi…
    Tuhan YME lebih mengerti tentang segala hal…

  18. walahu alam semua kembali lagi pada yang d atas tapi buat teman yang pengen tau ter jadi nya badi mata hari liat film kniwing

  19. R.JANAH berkata:

    uich ugh ngeyi githuuuuuuuu……..
    cemoga adja di bayixh mucibah adha hikmah yang terchembunyieeee…….aminnnnnn……d_nue

  20. yahhhh…….pasrah aja ama Yang punya kekuasaan,klu emang udah kehendaknya mau gimana lagi.yg penting saat ini kita lebih banyak perbaiki kualitas ibadah kita

  21. nisa atshushi berkata:

    that’s make Knowing, yang dilakoni oleh Nicolas Cage, masuk akal karena based on good literature. so, siapkan aja skenario terburuk dan face it!

  22. Didick berkata:

    ” inna sholati wanuzuki wammayahya wammamati lillahi rabbil alamin….”
    ga da yg perlu ditakuti, krn sholatku, hidupku dan matiku krn Allah ta’ala..

  23. “kun fayakun” jika Allah telah menghendaki semua, termasuk mahkluk2 dan malaikat tdk bs pa2,,,,

    puas2kan lah memakai brng elektronik, karna mngkin di tahun 2011/2012 kita “BACK TO NATURE”

  24. sita berkata:

    menurutku, mgkn aja terjadi.
    bumi mulai hancur, imam mahdi turun.
    oh no..
    wALLAHUa’lam ya..
    keep on praying aja deh..

  25. masa to maz berkata:

    kemungkinan terjadi berapa persen?
    Indonesia juga kena imbasnya gak?
    mohon penjelasannya……

  26. akbarindonesia berkata:

    @ maz :
    wah ga ada persen2an tuh mas…
    kayak zakat aja ada persen2annya…
    menurut sumber sih seluruh bumi akan kena dampaknya,,, cuma belum dapat kepastian bagian belahan bumi yang mana yang kena dampak paling parah…

  27. Raihan berkata:

    Terlepas benar ato tidaknya ramalan tiu, gak ada salahnya kita siap2 dengan memperbaiki ibadah kita aja….seandainya ramalan itu salahpun toh kita besok tetap akan mati juga kan..?

  28. wah jadi bener 2012 nanti akan terjadi fenomena alam yang besar ?!
    kirain cuma gosip…….
    jadi takut nih…..
    trus kalo peradaban manusia hancur….
    siapa yang bakal nerusin melihara bumi ini…..

  29. akbarindonesia berkata:

    @ cwe imut :
    itu hanya ramalan berdasarkan ilmu pengetahuan.
    terjadi atau tidak itu masih jadi tanda tanya, karena masa depan adalah misteri…
    tentang efek kejadian, manusia hanya bisa memperkirakan dan berdoa agar tidak terjadi hal yang buruk…

  30. wah.. wah… apa belum jelas juga ya di sebutkan di dalam alqur’an lho yang jelas2 itu firman dari Allah SWT bahwasannya yang namanya kiamat itu tidak ada yang tahu, nabi Muhammad SAW aja tidak menyebutkan tgl, thunnya, malaikat, syaitan juga tidak ada yang tahu, apalagi qt yang manusia biasa…. hmmmm… 🙂

  31. icha_djustien berkata:

    Waaaah,,,,,
    cb klo asteroid yg dtg,,,psti bruce willis udh mluncur bwt ngbor pke goyank’y mba inuL!!!

  32. mase bagus ra berkata:

    Inilah waktunya kita sedia payung sblm badai… Karna dampaknya listrik mati, beli genset dari sekarang plus minyaknya. Nyetok lpg, sembako, pulsa skalian biar ttap biasa internetan…eit tp satelitnya lemot gimana… Ga usah nyompen duit d bank krn atmnya pasti ngadat, buat bayi2 yg lair d taun itu siapin susu sapi segar dari skarang sblm sapi2 kena antrax. Bagi yg ga ngrokok, latian dri skarang ngisep asap kbakaran, nah ini yg sip…buat yg jualan kemenyan siap2 kaya mendadak sebab order buat slametan berjibun. Bagi penduduk jawa tengah khususnya siap2 denger letusan 3 gunung bebarengan..merapi sindoro sumbing! Gempa tektonik lah yg menghancurkan sendi peradaban d tanah ini…jawa…jawa tengah diy sedih deh pokoknya.

  33. dee berkata:

    Gw 9 pCaYa kLo nTr 2012 tU bakaL kiamat,,,
    m9kn tU suaTu 9erTakan bwT smuUa mahkLuk hidUp,,biaR bSa Lbh panDai memanFaat’kn wkt tUk meLakuKan keBaikan….
    kaRna hiduUp cUma skaLi….
    smaLem Gw mimPi kiamat tU dkt b9t….
    2 buUah binTan9 jatUh daRi Lan9it,,,,smuUa hanCuUr…

  34. feri andika berkata:

    mungkin akan ada badai matahari tapi ingat !!!!!!!!!!!
    allah lah yang tau. sebagai manusia harus lebih mendekat kan diri kpd allah swt bila sewaktu waktu saat terjadinya badai matahari biar kita selamat dari api neraka oke

  35. ika endarini berkata:

    yaoloh,,yaoloh,,,,
    huhuhuhuuhuu
    tobatt ahh,,,
    ngeri bgt ne???
    hhuhuuhu
    __________________________________________________
    tulisannya ga bener…

  36. C-MOs berkata:

    biyuh2222……mumet….(mikir utang maksudnya ..bukan mikirin kiamat)/ kiamat kapan aja monggo kerso, gusti ALLAH ingkang menentukan, as a human kita cuman bisa pasrah tapi diiringi berusaha dan berdoa menurut agama masing-masing…siap grak maju………..jalan…hhh…
    __________________________________________________
    berdoa aja kurang mas…
    harus ikhtiar juga, biar ntar bisa selamat dunia akhirat….
    amiinn…

  37. Panji berkata:

    Kiamat 2012??G da yg thu kbnaranya kecuali Alloh SWT.Sblm qta ada sudh bnyk pringatan dan tanda2 datangnya kiamat kcil ataupun bsar baik scra tertulis atau dr mulut ke mulut.Ada yg brni memprediksi tgl&tahunnya,tp ketahuilah Nabi Muhammad SAW(dr.QS)aj g prnh nyebutin kpn kiamat,hnya tanda2 jika kiamat itu datang.Emg ada baiknya qt brsiap diri dr skrg,bnyk2 ngumpulin amal kbaikn..!!Tul ga tmen2..??
    __________________________________________________
    mencoba mengutarakan pendapat kembali :
    sesuai dengan judul di atas,
    2012 bukanlah kiamat….!!!!
    emang siapa yang tau kalo 2012 itu kiamat…???
    kecuali yang menciptakan alam semesta ini…

  38. hari kiamat manusia itu tidak ada yang tahu. yang tahu hanya Allah. jika Allah mengijinkan besok juga terjadi. jangan sampai mendahulukan takdir

  39. Siti Uripah berkata:

    Iya bener, gak ada yg tau kpn kiamat, emang udah ada tanda – tandanya. Tp kpn kiamat itu sendiri Wallohua’lam. Tp baguslah klu udah digegerkan kiamat thn 2012 biar pada tobat . . . . bg yg inget sang pencipta. Bg yg lupa sm tuhannya, nggak ngaruh kalee…
    __________________________________________________
    semua orang akan mengalami kematian, ga peduli matinya pas barengan sama kiamat atau jauh sebelum kiamat atau bahkan 1 detik sebelum kiamat…
    makanya rasulullah saw selalu mengingatkan kita untuk selalu ingat akan kematian…
    sehingga kita dapat selalu mengingat-Nya…

  40. waduh yang masih bujang buru-buru kawin tuh….lam kenal bos….numpang promosi,bisnis baru nih : [sensored]
    __________________________________________________
    maaf promosi ga diijinkan mas…
    kalo mau promosi ada tempatnya, biar rapi…
    hubungi saya langsung aja…

  41. Sudah bagus banget, kalau bisa diprediksikan akan ada badai matahari. Tapi jangan lupa, yang diprediksikan badan antariksa negara atau luar negari adalah waktu terjadinya. Bukan Intensintasnya. Sekali lagi Bukan INTENSITASnya.

    Jadi jangan bilang hanya…

    Kalender maya itu, kalender yang paling akurat di muka bumi, diciptakan saat nenek moyang kita masih tinggal di gua2 dan berlari2 memegang kapak…

    Salah satu kalendernya adalah siklus matahari mengitari galaksi bimasakti. Mereka bilang ke publik tidak akan terjadi apa2, karena tidak mau ada kepanikan atau memang tidak tahu apa2…

    Terus terang saja, teknologi sekarang itu belum bisa membuat kalender secanggih kalender MAYA, jadi maaf2 aja neeh.. saya ga percaya ilmuan2 sekarang..
    __________________________________________________
    stuju banget, ilmuwan2 sekarang tidak akan mampu membuat kalender yang dapat meramal masa depan…
    mana ada sih manusia yang bisa meramal masa depan ??? kemampuan manusia sangat3000x lah kurang untuk melakukan itu…
    kalo bisa sudah tentu tidak ada lagi manusia yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, bencana alam, kebakaran, kebanjiran, dll
    manusia hanya bisa menerka-nerka suatu kejadian dari tanda-tanda yang diberika oleh alam, itu pun manusia tidak dapat memprediksi berapa persen keakuratannya…

  42. Ramalan yang mengerikan berdasarkan rasional. Rasional sebuah istilah yang padanan katanya adalah angan-angan . angan-angan itu semdiri sebuah istilah kebatinan yang mempunyai unsur kamayan, pangaribowo dan prabowo atau nalar , pangerti, ingatan, atau cipta , karya karsa. Pada tataran ini rasio adalah nalar atau cipta atau kamayan. unsur ini pada jiwa manusia merupakan unsur yang canggih. karena kecanggihanya sehingga seolah-olah mampu menyamai Tuhan. Jika dikendalikan oleh unsur ego yang merupakan unsur jiwa maka jadilah bayangan Tuhan sehingga sejatinya Tuhan ditiadakan dalam implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan menimbulkan kekhawatiran hidup dan ketergantungan hidup pada material atau fenomena alam saja dan mudah termakan ramalan yang seolah-olah benar. Apakah Anda termasuk golongan yang seper itu?

  43. sutrisna berkata:

    Tuhan punya kehendak,

    Nasib gak akn brubah KALAU kita eggan untuk Mengubahnya!!!!

    masih BANYAK waktu, manfaatkan sebaik Mungkin!!

  44. azis berkata:

    Sejujurnya saya pribadi sangat tidak percaya dengan ramalan itu. karena sepengetahuan saya bahwa kiamat itu tak akan mungkin ada yang tahu. termasuk para malaikat yang sangat taat. apalagi cuma kita yang penuh dengan jutaan salah. saudahlah jangan terlalu mempersalahkan kiamat kapan. yang terpenting adalah bagaimana kita menghadapi kehidupan yang kekal nanti. apakah kita telah siap untuk menghadapi hari itu……….
    terima kasih

  45. velis berkata:

    wah itu membuat driku takut……………… hheeheheheheh
    __________________________________________________
    mati ga usah d takuti…
    tapi perlu dipersiapkan…
    karena mati itu pasti,
    mati sekarang atau besok sama saja,
    yang penting kita siap…amiinn….

  46. ya kalau mau kiamat beneran ya pasrah aja kan hidup kita dah ada di tangan khalik . kita ke bumi kan cuma numpang aja .kita pasti akan balik ke tempat asal .

    yang penting……………………………………………………………………………….
    kita banyak banyakin aja beramal salih and jangan lupa

    islam islam gooooooooooooooooooooooooooo!!!!!!!!!!!!

    mts n II (MAZDA)gitu loh

  47. shuna berkata:

    badai matahari di tahun 2012, yui . . .

    tapi, kemaren waktu aku ikutan talk show di fakultas ekonomi UNDIP
    yang ngebahas kontroversi kiamat tahun 2012.

    dari dosen mipa UnDip itu juga punya data, bahwa badai matahari di
    prediksi antara tahun 2011 , 2012 dan 2013. jadi blom pasti karna dalam grafiknya puncaknya itu masih ngebingungin apa di tahun 2011 ato malah 2013.

    wah malah jadi penasaran nie . .
    siap pesta akbar nie . .
    __________________________________________________
    pesta “akbar”???
    wah q ga ada niatan buat berpesta tuh…
    hehehe

  48. Timbo.Junt@k berkata:

    Apa sdh dibentuk “2012 Emergency Contingency Plan”? Saya setuju kalau Amerika cordinatornya krn hadapi tanah longsor aja bangsa kita msh kewalahan.
    __________________________________________________
    wah q belum ngusulin itu ke Obama…
    dy lagi sibuk sekarang,
    Amerika sekarang masih kesulitan menanggulangi krisi ekonomi di negaranya,

  49. mnslouise berkata:

    kejadiannya sama ga’dengan film yang berjudul 2012???wah..berdoa aja deh,semoga baik2 aja.
    __________________________________________________
    saya kurang paham dengan film 2012,
    pada awal2 cerita dikisahkan tentang badai matahari,
    namun dalam cerita selanjutnya lebih banyak menyinggung tentang keadaan inti bumi yang mulai tidak stabil…
    padahal suku maya memiliki keahlian dalam bidang astronomi bukan ahli bumi yang mengetahui tentang detail bumi hingga ke inti bumi…

  50. vaina mania berkata:

    wahhhhhh,,,,,, kalu badai gawuk kpan ya…….??????????????? kok pada ngomongin kiamat..
    manding ngomongin badai gawuk ja mlah enak…
    MERDEKA….!!!!!

  51. huda berkata:

    tolong kasih info selengkapnya proses dan akibat yang akan ditimbulkan dari badai matahari.dan prediksi terjadinya.yhanx

  52. wahai sarmut2 indo, yang ada di jedah. segeralah ber tobat.
    dunia sekarang, sudah memasuki detik2 terakhir. ber tobatlah
    sebelum pintu tobat di tutup. nanti kalau sudah mata hari –
    terbit dari sebalah barat. disitulah pintu tobat akan di tutup. maka ber tobat lah, dari sekarang, sebelum terlambat. wasalam !

  53. RIJAL S, S.Pd berkata:

    janganlah kalian bantah-membantah tentang tanda-tanda kekuasaan Allah swt, karena tidak ada kemustahilan baginya, jadi….maka jadi lah,

  54. Kalau itu benar-benar terjadi bertawakkallah, berpasrahlah pada tuhan, itu jalan adalah yang terakhir dan jangan takut, jika itu adalah bencana besar untuk menghukum manusia yang penuh dosa maka pantaslah itu harus diterima, manusia sudah banyak dosanya, jika itu adalah bencana besar tapi kelangsungan hidup manusia masih ada itu adalah peringatan besar bagi umat manusia untuk kembali ke jalan yang benar untuk bersiap-siap kembali kepada sang pencipta.Segala bencana yang terjadi itu terjadi dapat dijelaskan secara ilmiah tapi disisi lain tuhan punya maksud dan rencana….kiamat yang datannya dadakan itukan ada ada dalam surat zalzalah, idza zulzilatil ardlu zilzaalaha wa akhrojatil ardlu atsqoolaha……..mungkinkah bumi dikala itu akan bergoyang yang bikin kepala pusing…….apakah tuhan akan menciptakan peradapan kehidupan yang baru jika manusia benar-benar binasa seperti hancurnya banul jan.
    Sebaiknya kita beraktifitas sebagaimana biasa.
    Bila badai matahari terjadi dan bumi dapat imbasnya pasti ada pemandangan yang menarik dan semua orang akan melihat ke atas

  55. saibaba berkata:

    aku aja berharap kiamat hari ini mala di ramalkan 2012
    yg buat kiamat tu ALLAH S.W.T bukan ilmu manusia yang sok tau
    klo manusia memang merasa dirinya hebat dengan alt yg di miliki nya tolong dong ramalkan juga kapan hujan kimpet(badai kimpet)terjadi
    jangankan ulama sufi nabi aja g tau akn terjadinya kiamat
    pa lgi org sok alim2 itu dan juga para ilmuwan yg sbtulx goblok itu…….jika kalian semua percya dan meyakini dgn brita ini ngapain juga kalian nyebah tuhan mending kalian semua nyembah tu alat aja………toh pda dsarx sama2 dosa

    jangan cuma berfkir logika sja pkai juga tu hati

  56. No Name berkata:

    Siapapun anda hiduplah di dalam kebenaran jangan lakukan dosa sekecil apapun apalagi yg besar, karena TUHAN tidak pernah kompromi dengan dosa apapun, jadi berdoalah dan berjaga-jagalah (jangan berbuat dosa) supaya di mana hari penghakiman itu tiba kita semua siap untuk di adili dan di minta pertanggung jawabannya karna dari situlah akan terbukti semua perbuatan manusia.

  57. QIAMAT? ARMAGEDDON? it will not happen until Imam Mahdi and Nabi Isa alaihissalam come down to the earth – please refer to Hadith sohih muslim narrated and informed by our last Prophet Muhammad S.A.W. cuma kita muslim sisters and brothers perbanyakkan istighfar di mulut mahupun didalam hati kalian, ALLAH sangat mencintai hambaNYA yang sentiasa ingat kepadaNYA kerana Allah amat mencemburui insan atau hambaNYA yang asyik ingat pada yang lain….. sister noor hasna lope – Kuala Lumpur, Malaysia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s