Nyoba-nyoba Picasa Web


Sudah mengenal PICASA ??? PICASA merupakan salah satu aplikasi image viewer berbasis desktop, PICASA dibuat oleh google. Kelebihan dari aplikasi ini adalah sangat ringan untuk menampilkan gambar mulai dari ditampilkan dalam ukuran terbaik hingga zoom maksimum dan juga kita bisa meng-edit gambar tersebut walaupun tak secanggih photoshop tapi PICASA sangat mudah dijalankan terutama bagi pemula termasuk saya, selain itu juga aplikasi ini bersifat freeware anda bisa mendowload installernya secara gratis. (download PICASA)

Ternyata tidak hanya tersedia PICASA berbasis desktop, juga ada PICASA berbasis web (PICASA WEB). Picasa web lebih menyerupai dengan flickr sebagai online photo sharing aplication, PICASA memberikan layanan storage sebesar 1024MB alias kurang lebih 1GB khusus untuk file-file gambar. Cukup login dengan menggunakan account google, kita sudah pasti mendapatkan layanan penyimpanan file gambar gratis tersebut.

Selain kita bisa meng-upload gambar sesuka kita, kita juga bisa menambahkan info-info tentang gambar yang sebelumnya kita upload. Informasi-informasi yang kita tambahkan telah menggunakan tool yang tergolong sangat luar biasa bagi saya yang tergolong orang awam, diantaranya :

Google Map API

Informasi tempat pengambilan gambar kali ini tidak lagi menggunakan kata-kata yang terkadang tidak kita pahami dimana yang dimaksud oleh pemilik foto, karena PICASA telah menggunakan sebuah tool produk google lainnya untuk menginformasikan posisi benda dalam gambar peta yang bernama Google Map API. Kan lebih jelas kalo kita menggunakan gambar, mungkin aja 5 tahun lagi ada beberapa kota bernama Surabaya yang letaknya berbeda-beda…

Face detection

Tool ini sekarang tak hanya digunakan di device kamera saja, PICASA pun sudah menggunakannya untuk membantu kita dalam memberikan informasi tentang siapa saja yang ikut kejepret. Meniru (entah sapa yang meniru) sistem tagging di facebook, tapi sekarang kita ga usah milih-milih gambar cukup memilih di list dari hasil deteksi wajah oleh PICASA dan mengetikkan namanya.

Sebenarnya sistem pendeteksi memiliki kelemahan karena sistem ini bekerja untuk mengetahui wajah dengan mendeteksi mata, hidung, dan mulut, ketika salah satu infromasi tersebut tidak didapatkan maka sulit untuk mendeteksi sebuah wajah. Dan itu benar terjadi ketika aku mencoba PICASA untuk pertama kali, dengan tidak berhasil mendeteksi wajah teman saya yang difoto dari samping.

Tetapi sekarang PICASA telah berhasil mengatasi salah satu masalah besar di face detection ini, entah bagaimana caranya sekarang PICASA telah bisa mendeteksi wajah orang dari samping, bahkan foto teman saya yang mulutnya tertutup wajah temenku yang lain juga berhasil dikenali. Benar-benar hebat mbah google….

Iklan

3 thoughts on “Nyoba-nyoba Picasa Web

  1. poetradayanna berkata:

    aplikasi picasa yg bsa buat edit,public,dll
    Buat hp ada gk maz,muter2 lm dpt,kasih info ya ?
    __________________________________________________
    picasa sudah bisa mengedit gambar dan mempublikasikannya ke dalam picasa.google.com sesuai dengan account kita…
    silakan donlod di sini : -donlod-
    aplikasi ini hanya bisa jalan dikomputer berbasis OS windows xp/vista/7
    untuk MacOS : -donlod-

    picasa mobile y…yang ada itu aplikasi untuk pencarian dan tampilan gambar-gambar di dalam web picasa, dan harus online
    contoh : PicasaWebMobile Midlet Suite, Snaptu Picasa photo browser

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s