Durian Merah, Durian Jingga, Durian Kuning, Enakan yang Mana Yach???


Iseng-iseng nyari wallpaper yang bagus buat desktop, eh malah ketemu sama gambar durian yang ga lazim (bagiku). Biasanya yang aku temui dan aku nikmati adalah durian berwarna kuning, maksudnya yang berwarna kuning ini daging buahnya bukan kulitnya kan yang aku nikmati bukan kulitnya. Di gambar yang aku temukan daging buahnya berwarna merah darah, tentu saja bukan darah babi atau darah anjing bahkan juga bukan darah manusia. Warnanya alami lho…

Rasa penasaran mulai memaksa tangan untuk terus mengetik kata-kata di kolom pencarian mbah google. Pencarian terus dilanjutkan mulai dengan mencari keaslian fakta durian merah, nama latin, asal muasal, rasanya, dan akhirnya berhenti di halaman post-new wordpress untuk menulis artikel ini.

Sebenarnya saya sudah tahu tentang jenis durian selain yang berdaging buah kuning, yaitu yang berwarna jingga. Asalnya dari kalimantan, dan saya mengetahuinya dari teman yang pernah berkunjung ke mantankali, eh salah yang bener kalimantan. Dan ternyata buah yang bernama lain ambetan atau kedu ini juga memiliki jenis yang daging buahnya berwarna merah dengan nama latin Durio Graveolens Becc.

Kalo membahas tentang rasa, konon durian jingga lebih manis daripada durian kuning. Kalo durian merah menurut orang-orang malaysia dalam blog-blognya(salah satunya),  mereka menyebutkan kalo rasanya lebih “lemak“, entah ini apa artinya…

51 thoughts on “Durian Merah, Durian Jingga, Durian Kuning, Enakan yang Mana Yach???

  1. Salam kenal ni
    Aku semua durian suka aja sih…. apalagi yang kuning kr di Aceh yang paling banyak yg berwarna kuning.

  2. pimpii berkata:

    kalo yang jingga di tempatku (kalbar) disebut dengan mentawa atau pekawai. Di konsumsi mentah oleh penduduk asli. Tapi kalo yang merah dr kalimantan mana tuh….

  3. sikunang berkata:

    Rizki. salah satu yang penting adalah bahwa durian itu buah asli Indo. Kayaknya buah kita ini mudah ke ‘luar’ dan jadi jenis atau varietas mereka. padahal aslinya kita loh. kita yang punya buah mereka yang punya nama. gimana ni menurut lo..?

  4. adilsaz berkata:

    Saya juga baru tahu tuh ada durian warna dagingnya lain dari yang biasa saya kenal. Kalau bisa diinformasikan kandungannya sama atau berbeda. Dan istilah lemak menurut saya adalah enak (di beberapa daerah sumatera lemak artinya enak). Makasih atas informasi yang menarik ini.

  5. thetawvic berkata:

    bagi bahasa malaysia, “lemak” berarti agak lemak rasanya, seperti makan mentega. menurut saya sih enakkan durian kuning mentega, klo yg merah ga enak diliat, mirip janin bayi belum jadi :D

    http://www.tawvic.co.cc

  6. akbarindonesia berkata:

    @ pimpii :
    wah detail asalnya tidak dapet bang…
    dapetnya cuma berasal dari kalimantan gitu ae…

    @ sikunang :
    wah kalo menurutq kenapa bisa d akui sebagai buah asli negara lain, itu tidak lepas karena kurangnya perhatian kita…
    coba kalo kita lebih memperhatikannya dan menciptakan inovasi2 yang lebih dari negara lain,insyaAllah durian akan lebih dikenal sebagai buah yang berasal dari Indonesia…

    @ adilsaz :
    oh ternyata lemak = enak…
    baru tau aq, maklum tidak tahu bahasa melayu…
    thx infonya

  7. egi-adam berkata:

    ooo,, kalo bahasa ku di Balikpapan yang jingga namanya Lai/elai. lebih wenak yang itu dari durian,,,, tapi harganya lebih mahal dari durian hemmmhh :(

  8. aku penggemar berat buah durian…
    hmmm so yummmy….
    bahkan aku juga nanem beberapa jenis durian di kebun belakang rumah.
    untuk yang sepesies durian merah, kalo ada yang punya aku mau donk di kasih… bibitnya ajah… syukur2 ama buahnya…
    klo harus beli juga gpp… tapi jangan mahal2 … ntar klo sukses aku kembang biakkan.. (kaya’ kambing aja) kkkkk…
    yg donor bibitnya aku kasih deeh…

  9. meriam bt abd karim berkata:

    Assamulaikum.Durian ini ada juga di Malaysia iaitu di Sabah dan Sarawak.Kalau di Sabah, banyak di Lahad Datu atau di Tawau.Diperoleh dari hutan atau ditanam oleh orang-orang Dusun.Warnanya sangat cantik tetapi isinya nipis saja.Apabila digoreng, warnanya bertukar menjadi oren dan melekat di tangan.Rasanya tidak manis tetapi lemak(seperti santan kelapa).Baunya tidak sekuat durian.Cara makan adalah digoreng dan kemudian dimakan bersama nasi panas.Namanya tempoyak durian merah.Waduh…enaknya!

  10. agust tara berkata:

    Baru tahu kok ada durian yg warna lain….. di jawa ada g’ ya…????? aq jadi ngiler……
    __________________________________________________
    q pernah denger d daerah banyuwangi ada durian merah…
    tapi belum ae survey…
    ada yang mau nemenin aq ke sana???

  11. lulu berkata:

    iiiihh..enak tuh tempoyak durian..drmh jg sering buat..

    ada yg tau g kandungan nutrisi dari durian jingga..?
    __________________________________________________
    ini nanya atau ngetes om???
    hehehe

  12. rthamrinr berkata:

    just info :
    durian merah banyak tersebar di kalimantan timur dan kalimantan selatan disana disebut buah papeken, kalo yang warna oranye disebut lay/ e lay ada di kalimantan timur dengan basis terbesar asal produksi adalah kutai, yang merah suah teramat jarang, tapi di beberapa kota masih saya sempat jumpai pohonnya
    __________________________________________________
    kalo jumpa pohon aja percuma mas…
    kalo jumpa duriannya baru enak, bisa buat oleh2…
    oleh2 buat aq maksudnya…hehehe…

  13. rhina gunawan berkata:

    kalo kata saya “lemak itu artinya enak”
    coz saya orang sumatra. melayu palembang.
    __________________________________________________
    thx banget infonya…

  14. Durian yang warnanya warna-warni ini kebanyakan durian lokal baik dari Sumatra maupun Kalimantan. Dari segi rasa enak, manis tapi aromanya kuat dan buahnya biasanya ukuran lebih kecil.

  15. agromart banyuwangi berkata:

    Di kampung ku juga ada durian merah silangan d. zibethinus da d. graviolens sudah dicek sama trubus dan pak lutfi bansir dari durian riset center. di banyuwangi juga aku menemukan durian tanpa musim yang berbuah terus daging tebal biji kempes karena kawin dalam, ada juga durian 2 warna si pelangi daging luar jingga daging dalam merah. ada juga durian biji banyak tanpa daging buah. Musimnya durian merah disini bulan maret s/d mei. aku juga hunting tanaman dapat sawo bogem karena sebesar kepalan orang 5- 6 ons. asli banyuwangi sejak jaman belanda yang bawa dr. knoch. ada juga langsat manis sebesar telur ayam. kalau butuh foto hubungi mulyanto.eko.@gmail.com.
    __________________________________________________
    thx infonya mas….
    sangat membantu…

  16. warnanya bagus tapi soal rasa lebih enak durian dari medan
    __________________________________________________
    belum percaya kalo belum dibawakan satu… :P

  17. Wah bagaimana rasanya durian merah. Saya juga memiliki durian Menoreh Kuning. yang saat ini unggul no. 1 di Indonesia. kami juga memiliki bibit yang siap dibididaya

    ALAMAT PEMASARAN DURIAN MENOREH
    Alamat: AGRO TANI KAPOKTAN
    MENOREH SEED
    Jln. Kaliurang KM 19
    Pakem-Sleman Yogyakarta.

    Kontak:
    http://menorehseed.wordpress.com/
    http://menorehseed.blogspot.com/
    http://durianmenoreh.blogspot.com/
    e-mail: menorehseed@gmail.com

    Telpon:(0274)7004879/ 081313888479

  18. Utomo berkata:

    Pada prinsipnya semua duren sama dari segi tekstur dan komposisi spesifikasinya, hanya yang membedakan warna dan kandungan alkohol serta rasa manisnya. Semuanya sehat dan sama saja enaknya , tergantung cara budidaya dan penanganan tanaman duren sangat mempengaruhi hasil kwalitas duren tsb. Makin kecil biji duren akan semakin nikmat rasanya , silahkan coba………..

  19. uwi ungu berkata:

    orang kita tidaklah telaten/sabar untuk investasi dlm jangka lama seperti menyilang-nyilngkan bibit unggul tanaman/ternak..penginnya serba cepat ..gilran orang luar yg sukses..kita ngiri/ maunya/bisanya cuma tinggal beli

  20. juned berkata:

    yang jingga itu namanya papakin atau elai ada lagi kulitnya warna merah tp isinya kaya duren biasa……… jd kangn kampung halaman kalsel…… di jakarta gak ada buah itu kangen juga rambutan garuda dan antalagi

  21. Lebih enak lg klo makan durian gratisan
    ______________________________________________________________________________
    hahaha…
    semua jadi enak kalo gratis, asal ga beracun,,,,
    hahaha…

  22. Sekitar lima tahun yang lau tepatnya 8 Mei 2007, Durian Menoreh Kuning dan Jambon diakui kualitasnya secara ilmiah terunggul ditingkat Nasional RI. Pelaku usaha pembudidaya Durian Menoreh KT MAMRIH SUBUR telah berusaha memperbayak Bibit untuk pelestarian VARIETAS.
    Pembelian Bibit dari kami akan Kami gratiskan Brosur dan kunsultasi cara berbudidaya Durian Menoreh .
    Adapun Pengalaman Kami dalam Penanganan Durian Menoreh
    Telah menekuni usaha pembibitan sejak 20 tahun yang lalu, Studi Banding ke Negara Thailand, Kerjasama dengan Dinas Pertanian BPSB(Badan Sertifikasi dan Pengawasan Sertifikasi Benih) DIY hingga saat ini, dll.

    Cara menanam Durian Menoreh yang benar adalah kunci keberhasilan yang sukses dalam usaha.

    Hubungi:
    PUSAT BUDIDAYA DURIAN MENOREH JAMBON, KUNING, DAN LEGIT
    HP. 085799399972, 081313888479
    Email: durianmenoreh@ymail.com
    http://www.durianmenoreh.com

    Alamat:

    M-SEED
    Jln. Kaliurang KM 19 Purwodadi
    Pakem, Sleman
    YOGYAKARTA
    HP. 085799399972, 081313888479

  23. bayu berkata:

    durian merah di banyuwangi jatim bnyk maz brow…
    ______________________________________________________________________________
    udah lama ga ke banyuwangi nih, jadi pingin k sana sekalian mencoba durian merah :D
    makasi infonya mas

  24. Titin .a berkata:

    Ini d kampung saya lagi musim nih durian nya tapi warna nya kuning sama putih biasa d makan pake lemang atau nasi lemak atau nasi pulut. Ni saya bru hbs mkn duren tecium ga..he..he..he. Bisa juga untuk gulai ikan.wah enak pokok nye..kw..kk..
    ______________________________________________________________________________
    madu dong….

  25. bania berkata:

    maksudnya lebih ‘lemak’ itu lebih gurih rasanya.. :)
    kebetulan saya lagi mau buat artkel tentang itu dan nemu blog ini. salm kenal :)
    _____________________________________
    Terima kasih sudah mampir… :)

  26. kasran berkata:

    buat pengetahuan anda,durian merah tidak sama rasanya dengan durian brwarna kuning,lazimnya durian brwarna kuning enak,lazat dan manis rasanya seperti buah-buahan lain,tetapi bagi durian yg berwarna merah isinya ia tidaklah berwarna manis atau masam..ia lebih khusus pada rasa yg tiada rasanya…ia hanya sesuai untuk di makan dengan nasi putih,tetapi ia perlu di masak dahulu di dalam minyak yg panas sesudah itu campurkan garan dan ajinamoto secukup rasa..ia adalah makanan nombor 1 bgi saya..ia seperti super duper!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s