Batik Tulis Indonesia sebagai World Heritage


2 Oktober 2009 akan menjadi sebuah hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Karena Batik yang telah menjadi suatu ciri khas Negara Indonesia akan menjadi salah satu Warisan Budaya Dunia (World Heritage) yang dikukuhkan oleh UNESCO, lebih tepatnya menjadi representasi dari budaya tak benda warisan manusia.

Perbedaan budaya benda dan tak benda adalah budaya benda itu terdiri dari monumen, candi, pemandangan alam dan sebagainya. Sedangkan budaya tak benda atau populer disebut budaya hidup, menurut UNESCO terdiri dari budaya lisan, ceritra termasuk bahasa, seni pentas, tari, wayang, adat istiadat kebudayaan masyarakat, kerajinan tradisional dan semua benda-benda yang terkait dengan alam tersebut.

Kita memang tidak bisa memungkiri bahwa batik bisa saja diproduksi di negara selain Indonesia. Semisal untuk saat ini, beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan bahkan negara terbesar di dunia (China) pun telah memproduksi batik secara masal.

Kemudian batik yang manakah yang akan menjadi salah satu warisan budaya dunia??? Ternyata jenis batik yang akan diresmikan sebagai world heritage pada tanggal 2 oktober 2009 adalah jenis batik tulis dan bukan jenis batik printing.

Batik Tulis(Wikipedia.org)

Batik Tulis(Wikipedia.org)

Batik sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu “amba” dan “nitik“. Secara bahasa artinya adalah “luas” dan “menulis titik”, yang mungkin arti lengkapnya adalah menulis di kain yang luas dengan teknik menulis titik. Dua kata itu pula yang menjadi dasar pembuatan batik tulis yang sudah terkenal di seluruh dunia. Menurut wikipedia, Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

Di waktu lain setelah Presiden SBY memimpin rapat terbatas mengenai batik sebagai warisan budaya dunia,  Aburizal bakri menyatakan bahwa Presiden SBY meminta seluruh warga Indonesia untuk mengenakan batik pada tanggal 2 Oktober 2009 untuk menghargai batik. Sebagai Warga Negara Indonesia hal tersebut tentu bukan hal yang sulit, bahkan akan timbul rasa bangga ketika mengenakan batik tulis Indonesia yang merupakan salah satu warisan budaya dunia.

sumber : vivanews.com, presidensby.info,

Iklan

2 thoughts on “Batik Tulis Indonesia sebagai World Heritage

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s